Www.BestTheme.Net

WELCOME

To

SUNSET

Blog buat para petualang sejati ..selamat jalan kawaan semoga berjumpa kembali .. sahabat jadilah kekasihku ..hidup dengan segala ide !

come and gabung

Share it !

Powered By Blogger

Followers

Latest Photos

think !

think !

New Photos

soosuu

Your Slideshow Title Slideshow: Ndi’s trip from Jakarta, Java, Indonesia to was created by TripAdvisor. See another Indonesia slideshow. Create a free slideshow with music from your travel photos.

lips so!

lips so!

Introduce.,

Introduce.,

mari menelusuri lombok

made in Unknown Jumat, Maret 11, 2011

Kemanakah tujuan Anda, jika mempunyai kesempatan berkunjung ke pulau Lombok? Bila Anda belum mempunyai tujuan yang pasti, menurut teman yang tinggal di kota Mataram, dengan punya waktu 2 (dua) hari bisa mengunjungi seluruh daerah pariwisata di Lombok, tentunya minus mendaki gunung Rinjani atau menginap di pulau Gili Trawangan.

Peta pulau Lombok peta-lombok.jpg

Di bawah ini akan saya sampaikan beberapa daerah yang layak dikunjungi (walaupun saya juga belum sempat mengunjungi semuanya), sesuai brosur pariwisata yang saya peroleh dari hotel tempat saya menginap:

1. Suranadi. Di sini ada hotel lengkap dengan kolam renang air hangat dan lapangan tennis. Juga ada pura Hindu tertua, berlokasi 17 km jika naik kendaraan dari kota Mataram.

2. Lingsar. Pura dengan ikan keramat di dalam kolam, lokasi 9 km dengan naik kendaraan dari kota Mataram.

3. Narmada. Kebun Raya Lombok, dengan kolam renang, serta ada pura Hindu yang sering digunakan umat Hindu untuk bersembahyang, lokasi 12 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

Menjelang matahari terbenam di Pura Batu Bolong, Lombokmatahari-terbenam-di-pura-batu-bolong.jpg

4. Batu Bolong. Terdapat pura diatas batu karang yang menjorok ke laut, dan jika cuaca cerah bisa melihat gunung Agung di pulau Bali, serta bagus untuk melihat pemandangan saat sunset. Lokasi 8 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Untuk memasuki area, maka kita diwajibkan memakai pita kuning dari kain (dapat menyewa di lokasi), yang dipasang melingkari pinggang. Pemandangan disini indah sekali, air laut menerobos melalui sela-sela batu karang yang berlubang, menimbulkan bunyi gemerosak. Sayang saat saya kesini, cuaca masih mendung selepas turun hujan, tapi pemandangan indah sekali. Matahari mengintip di sela-sela awan, dan cahayanya jatuh terpantul di air laut.

laut-lombok-dari-batu-bolong.jpgpantai-senggigi-senja-hari.jpg

Mendung menjelang sunset di pantai Senggigi

5. Senggigi. Pantai alam berpasir putih yang bersih, dikelilingi hotel, losmen dan bungalow. Sangat indah sekali, terutama jika waktu sunrise maupun sunset. Lokasi 10 km dengan kendaraan dari kota Mataram. Di pantai banyak penjaja cinderamata, berupa mutiara budidaya air tawar yang berwarna warni, mulai dari harga Rp.25.000,- Juga penjaja kaos bertuliskan Lombok dan Senggigi, serta ukiran khas Lombok pada kayu, bisa berupa tempat buah, topeng dan lain-lain.

6. Sire Beach. Taman laut dengan exotic coral dan ikan yang berenang kian kemari. Berlokasi 36 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

7. Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan. Pulau kahyangan di utara Lombok, dikelilingi taman laut. Disini banyak orang diving maupun surfing. Di pulau ini sudah banyak hotel dan losmen, sehingga bisa menginap disini, pantainya masih asli. Untuk mencapai lokasi ini bisa menggunakan kapal motor.

8. Sukarare. Desa tempat orang menenun, disinilah jika ingin membeli kain tenun tradisional khas Lombok, serta melihat bagaimana para penenun melakukan pekerjaannya. Lokasi 25 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

9. Rambitan/Sade. Desa asli Lombok, dengan rumah tradisional suku Sasak, lokasi 50 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

10. Kuta/Tanjung Aan. Pantai Mandalika dengan lampu-lampu yang berkilauan , dimana kita bisa berenang, terdapat hotel dan restoran. Setiap tahun ada perayaan menangkap/melihat Nyale fish, lokasi 56 km dengan kendaraan dari kota Mataram.

11. Mataram. Mataram adalah ibu kota propinsi Nusa Tenggara Barat. Sedangkan Ampenan merupakan kota pelabuhan lama (sekarang sudah pindah ke Lembar). Kota Ampenan berciri khas arsitektur kuno, yang bila dibersihkan dan dirawat dengan baik, akan menjadi daerah tujuan wisata yang digemari. Di kota Mataram (yang sudah menjadi satu kesatuan dengan kota Ampenan dan kota Cakranegara) kita bisa wisata kuliner, dengan makan makanan Lombok yang ciri khasnya adalah pedas. Di Jakarta kita sering melihat rumah makan Taliwang, yang ternyata Taliwang adalah nama suatu daerah, yang awalnya banyak penjual makanan khas Lombok di daerah ini. Makanan khas Lombok, antara lain: Plecing kangkung, ayam plecingan, ayam julat (ayam yang bumbunya pedas sekali), sambel beberok. Plecing ternyata merupakan nama masakan, sehingga dikenal masakan kangkung yang diberi /dimasak bumbu plecing, ayam yang dimasak plecing (ayam diberi bumbu pedas, didiamkan, dibakar/digoreng, kemudian diberi bumbu pedas lagi). Sambel beberok adalah sambel yang dibuat dari irisan terong ungu, irisan bawang merah, irisan tomat dan cabe, disajikan bersama makanan khas Lombok lainnya. Minuman yang khas adalah kelapa madu, terdiri dari air kepala muda, dan kelapa mudanya di suwir-suwir serta diberi madu…ehhm…sedaaap. Untuk membeli oleh-oleh kain tenun khas Lombok, bisa di Cilinaya Shopping Centre.

12. Cakranegara. Merupakan kota bisnis, terdapat pasar pertanian, pasar burung, dan mata air Mayura serta pura Meru, pura terbesar di Lombok. Cakranegara konon dulunya merupakan bekas kerajaan, namun bekas kerajaan (situs) sudah tak bisa dikenali. Jika ingin oleh-oleh makanan, maka bisa membeli kaki ayam goreng, telur asin dan berbagai manisan dari rumput laut.

Catatan : Perjalanan ke kota Mataram, bisa ditempuh menggunakan pesawat terbang dari Jakarta. Jarak tempuh 4 jam jika transit di Yogya atau Surabaya, tapi bila langsung (penerbangan Garuda pagi hari dari bandara Selaparang) hanya ditempuh dalam waktu 1 jam 33 menit.

Daerah Pariwisata Pantai Senggigi

Senggigi adalah pusat daerah wisata yang terletak antara lembah yang menghadap langsung ke laut yang mana Senggigi sangat terkenal dengan pasir putih, kejernihan air lautnya.

Matahari Terbenam di Pantai Senggigi.
Senggigi merupakan pusat pariwisata Pulau Lombok jadi banyak fasilitas yang anda bisa temui di tempat ini namun tidak mengurangi keindahan dan keasrian pantai Senggigi. Untuk pelayanan anda tidak perlu kawatir karena dari pelayanan VIP sampai pelayanan standard ada di sini dan kami Lombok Travel News bisa membantu anda.

Daerah-daerah pariwisata lainya juga di Pulau Lombok banyak yang menyediakan akomodasi, dari hotel melati, bungalow, hotel yang berbintang, butik dan lain-lain.
 

Berlibur Ke Senggigi
Setelah tiba di bandara Selaparang Mataram jika anda ingin menuju Senggigi, anda langsung pergi ke arah matahari terbenam, sekitar 8 km ke barat. Di tengah perjalanan anda akan melihat tradisional transportasi yang biasa di sebut Cidomo karena banyak sudut-sudut mataram yang belum terjangkau oleh kendaraan roda empat. Sebelumnya anda akan melewati pasar traditional Ampenan ( Kebon Roek ), pasar ini adalah pasar yang terdekat dari daerah senggigi dan sekitarnya.

Setelah menempuh perjalanan 15 menit anda akan mulai menempuh jalur yang berkelok dan hawa laut karena jalan yang anda lalui dekat dengan laut, anda akan melintasi Makam Keramat tempat yang bagus untuk mengambil gambar yang punya latar belakang laut, setelah melewati Makam Keramat anda akan melintasi sebuah pura yang menjorok ke laut yaitu Pura Batu Bolong. Setelah melewati Pura Batu Bolong anda akan langsung masuk ke wilayah Senggigi yang terkenal dengan pasir putihnya. Jika anda mempunyai waktu anda bisa meneruskan perjalan melewati senggigi ke Desa Mangsit di sini akan kagum melihat pemandangan laut yang cantik dengan pohon kelapa sebagai penghiasnya, saran kami jangan lupa abadikan perjalan anda.

Jalan-Jalan ke Sekitar Objek Wisata
Jika anda berminat jalan-jalan di pintu bandara kedatangan ada bisa menjumpai konter-konter informasi yang menyediakan paket wisata. Dan bila anda berminat untuk jalan-jalan sendiri menggunakan taksi ada dua pilihan yaitu dengan Lombok Taksi ( Tlp 627000 ) atau Lendang Express taksi ( tlp 644444 )

Ada banyak kegiatan yang dapat anda lakukan untuk melengkapi liburan anda dengan menggunakan pemandu-pemandu wisata setempat yang bisa anda percaya dan anda bisa menyewa mobil lengkap dengan sopirnya atau sepeda motor yang merupakan alternatif lain untuk menikmati keindahan pulau dari sudut yang lain.

Informasi
Jika anda ingin bersurat anda bisa menemukan Kantor Pos yang berlokasi di sebelah Lombok Intan Village Hotel, serta deretan ini banyak menawarkan jasa pelayanan, pernak pernik untuk oleh-oleh pulang, untuk puskesmas anda bisa menjumpainya di sebelah Puri Saron Hotel Kerandangan, dan Puskesmas Meninting yang berjarak 10 menit dari Senggigi menggunakan kendaraan umum atau pribadi.

Bank, bank anda bisa jumpai di deretan mini market depan kantor pos dan ATM akan banyak anda temui di sepanjang jalan senggigi seperti ATM BCA, ATM BNI, ATM MANDIRI.

Kantor Polisi terletak di pasar seni dekat dengan hotel Sheraton Senggigi, untuk layanan telepon anda bisa mengunjungi wartel Millennium Intertnet sekaligus bagi anda yang berminat untuk mencari warnet dan Hotspot voucher bagi yang membawa labtop. Dan bagi anda yang membawa Hp jangan kawatir banyak konter-konter pengisian pulsa tersedia sepanjang jalan Senggigi. Bagi anda yang ingin mencicipi makanan di warung-warung pinggir jalan ada banyak pilihan dengan tempat yang bersih dan suasana cukup nyaman.

Tip dan Saran.
Jika anda menyukai makanan seperti Pizza Itali yang di buat dari kayu bakar maka tidak ada salahnya anda mencoba di Cafe Alberto yang berlokasi di sebelah timur Senggigi dan Cafe Lotus yang berlokasi di Pasar Seni yang langsung berhadapan dengan pantai.

Untuk makanan lokal anda bisa mencicipi masakan Cak Poer yang buka dari jam 19.00 PM sampai larut yang berlokasi di samping Kantor Pos depan Bank BNI. Dan untuk makanan 24 jam anda bisa datang ke Rumah Padang yang berlokasi di depan Taman Restaurant.

Kehidupan Malam di Senggigi.
Senggigi menawarkan banyak tempat hiburan, sebagian hotel-hotel juga memanjakan tamu mereka dengan life musik atau musik akustik dari penyanyi setempat. Dan untuk Diskotik anda bisa mencoba Marina Pub, Sahara, Gosip dan Lian. Bila sudah larut malam banyak restaurant yang mempunyai fasilitas live music seperti Papaya restaurant, Happy Cafe Restaurant dan lain-lain.

Taman Nasional Gunung Rinjani Pulau Lombok

Taman nasional gunung Rinjani di Pulau Lombok merupakan gunung vulkanis tertinggi kedua di Indonesia dan sering di sebut sebagai lingkaran api. Pemandangan alam yang sangat indah ini telah terbentuk ribuan tahun dari (pada awalnya berbentuk bangunan kerucut) ledakan keras serta erosi. Lereng-lereng gunung yang berbentuk hutan terlihat langsung dari laut yang dengan sendirinya membentuk pola cuaca dan nampak seperti air.
Gunung Rinjani merupakan gunung yang masih aktif di Lombok, dengan ketinggian 3,726 meter (12,224 kaki) menjadikan dirinya sebagai gunung ketiga paling besar di Indonesia. Sejarah telah mencatat bahwa letusan terjadi pada bulan September tahun 1847. Gunung beserta tempat-tempat keramatnya serta kawah danau segara anak yang spektakuler dilindungi oleh taman nasional yang dibangun pada tahun 1997. puncak gunung yang berbentuk oval dengan ukuran 6 km x 8,5 km sebagian dipenuhi oleh danau yang dinamakan danau segara anak. Ledakan yang terjadi pada tahun 1994, 1995, dan 1996 telah membentuk kerucut kecil ditengah puncak gunung dan lava mengalir dari ledakan-ledakan ini dan akhirnya masuk kedalam danau.
 

Pegunungan / dataran tinggi merupakan dipenuhi hutan dan sebagian besar belum dikembangkan.
Dataran rendah-dataran rendah telah banyak ditanami padi, kedelai, kopi, tembakau, katun, kayu manis, dan vanilla yang merupakan panen utama yang banyak dikembangkan di tanah subur di pulau ini.

Bagi orang lombok dan bali, gunung rinjani dianggap sebagai tempat keramat dan tempat kediaman para dewa. Kawah danau segara anak merupakan tujuan dari ribuan peziarah yang memberi sesajen di air dan mandi air panas untuk menghilangkan penyakit.
Bebek belibis serta beberapa spesies ikan seringkali ditemukan disini, Gunung Rinjani merupakan salah satu dari 40 taman nasional ayng ada di Indonesia yang didirikan pada tahun 1997. Lebih dari 20 desa berada disekeliling gunung rinjani dan ada banyak rute/jalan menuju gunung rinjani tetapi jalan/pintu masuk utamanya dari senaru di bagian utara dan sembalun lawang dibagian selatan.

3 atau 4 hari yang penuh tantangan rute pendakian rinjani dari senaru ke pinggiran kawah plawangan turun kebawah kawah danau lalu naik keatas Sembalun lawang dianggap sebagai salah satu pendakian terbagus di asia tenggara. Semua itu menuju puncak biasanya lebih memilih pendakian di sembalun lawang.
sebuah model untuk Eco-pariwisata di Indonesia, pusat aktivitas pendakian dipusatkan di senaru Rinjani trek center community based yang paling popular sebagai awal tempat pendakian yang merupakan pendakian yang sangat melelahkan. Dikembangkan oleh bantuan pemerintah selandia baru sejak tahun 1999, Rinjani trek Center bernaung dibawah satu badan pekerja taman nasional embodies under one roof the unique partnership of the National Park, industri pariwisata dan masyarakat setempat yang telah dilatih untuk mengurus serta melindungi lingkungan di sekitar gunung rinjani.
 


Wisata Selancar di Pulau Lombok
 
Berselancar tidak bisa dipisahkan dari Desert Point? Anda yang belum pernah berkunjung ke pulau Lombok, mungkin masih asing dengan istilah ini, tapi bagi mereka yang sudah berkali-kali menikmati olahraga ini sudah terbiasa dan terobsesi untuk kembali lagi.
 
Tentu belum hilang dalam ingatan para selancar kelas dunia dan amatiran kalau Bangko-Bangko yang terletak di ujung barat daya pulau eksotis ini menjadi tempat berselancar terfavorit, setidaknya mereka telah mengakui dan membuktikan kedahsyatan ombaknya yang setiap saat menggoda dan menyedot ribuan penggemarnya untuk ambil bagian dalam program ini. Selain bangko-bangko, tempat-tempat selancar paling eksotis dan memukau di pulau ini akan menanti kedatangan para selancar dan yang mau belajar berselancar untuk meneguk nikmatnya gulungan ombak yang memacu adrenalin anda. Disamping pengaruh musim memberi sumbangsih paling besar untuk menandai datangnya saat-saat berselancar paling mengagumkan. Jadi tunggu apalagi? Jangan lewatkan kesempatan ini…bergabung dengan tim kami adalah pilihan pintar untuk mulai berselancar di Pulau Lombok…apakah anda sanggup menghadapi tantangan ombaknya?
 
 
Saat ini Lombok merupakan salah satu tujuan wisata selancar dan tak kalah kerap kali di Pulau ini banyak bermunculan kompetisi yang di ikuti berbagai kalangan usia.
 
Di sini kami menyediakan beberapa pilihan tempat berselancar bagi anda yang suka dengan olah raga berselancar.
 
1. Senggigi Reef ( Anjungan Pantai Senggigi )
2. Alang-alang
3. Pantai Guling ( Pantai Kuta )
4. Pantai Belongas
5. Pantai Selong Belanak
6. Pantai Mawun
7. Pantai Gerupuk
8. Pantai Seger
 
Berselancar di Anjungan Pantai Senggigi
Titik selancar ini terletak di Lombok Barat tepatnya pantai Senggigi, yang bisa di tempuh sekitar 20 menit dari Bandara Selaparang Mataram. Tidak hanya terkenal dengan pasir putihnya saja tapi Pantai Senggigi sekarang ini juga di kenal dengan tempat berselancar, terbukti dengan sering di adakannya kontes-kontes selancar di tempat ini. Titik berselancar berada di anjungan pantai Senggigi yang sedikit menjorok keluar, dan bila anda ke tempat ini banyak perselancar yang akan anda temui di sini.

Berselancar di Pantai Alang-alang
Pantai Alang-alang merupakan salah satu tempat yang cukup bagus untuk berselancar, tempat ini berjarak sekitar 5 menit dari Senggigi. Di tempat ini terkadang kerap menjadi ajang perselancar menyalurkan hobi mereka.

Area Pantai Guling

Berselancar di Pantai Belongas
Pantai Belongas terletak di sebelah barat Pantai Mawun yang berada
Berselancar di Pantai Mawun
Pantai Mawun ter
Berselancar di Pantai Selong Belanak
Berselancar di Pantai Gerupuk

Berserlancar di Pantai Seger
Pantai Seger terletak tidak jauh dari pantai Kuta dengan daratan yang tidak rata menyebabkan tempat ini mempunyai daya tarik tersendiri. Di sini gelombangnya besar yang merupakan suatu tantangan bagi perselancar.
  Nah,..buruann..heheehee

|